Satuan Ukuran

Diposting oleh blog pribadiku

Jarak Bulan, kedalaman samudra,ketinggian badan,suhu diplanet Mars,dan masih banyak lagi,kesemuanya dapat saja diukur. Setiap hari kita perlu melakukan pengukuran.Misalnya, sebuah resep masakan membutuhkan berat yang tepat untuk setiap bahan.Setelah dicampur, bahan-bahan tersebut harus dimasak pada suhu tertentu pula.Pengukuran dilakukan dengan alat ukur.Misalnya,termometer digunakan untuk mengukur suhu,penggaris untuk mengukur jarak,dan jam untuk mengukur waktu. Semua pengukuran didasarkan pada sebuah sistem satuan.

Misalnya,waktu diukur dalam satuan menit atau detik dan panjang diukur dalam satuan meter.Pengukuran yang tepat sangat penting dalam ilmu pengetahuan dan kesehatan.Para ilmuwan mempunyai alat ukur yang amat teliti untuk menentukan apa saja,mulai dari jarak antar-atom dalam sepotong logam sampai suhu planet yang jauh seperti Neptunus.

SATUAN UKURAN
Ketika mengukur sesuatu,misalnya ketinggian,kuantitas yang diukur dibandingkan dengan satuan tertentu, seperti meter atau kaki.para ilmuwan telah menetapkan satuan-satuan ini dengan ketelitian yang sangat tinggi. Jadi,pengukuran tinggi badan dengan dua penggaris yang berada menghasilkan ukuran yang sama.Ukuran meter,misalnya,ditetapkan berdasarkan jarak tempuh cahaya dalam kurun waktu tertentu.Hal ini memberikan ukuran jarak yang sangat teliti.

SUMBER:ENSIKLOPEDI

0 komentar:

Posting Komentar