Tugas Bahasa Indonesia 2

Diposting oleh blog pribadiku

Perbandingan tata cara bahasa dari 2 koran yang berbeda


Kompas.com


Gudang Pipa Terbakar


Gudang pipa di Jalan Jepara, Surabaya, Jawa Timur, terbakar, Senin (29/11/2010) siang. Api menghanguskan salah satu ruangan penyimpan besi.

Kepala Seksi Pencegahan Pemadam Kebakaran Surabaya Ari Bekti mengatakan, api diperkirakan mulai muncul pukul 11.00. Api membakar ruang paling timur. "Kami mengerahkan 10 unit mobil pemadam kebakaran," ujarnya di lokasi.

Namun, pemadaman tidak bisa segera dilakukan karena lokasi terkurung rumah penduduk. Sementara petugas hanya fokus melokalisasi api agar tidak menjalar ke permukiman penduduk. "Faktor air juga menjadi masalah karena sumber jauh dari sini," ujarnya.


PosKota.com

8 Tips Bila Anak Terlibat Narkoba

JAKARTA (Pos Kota)- Peredaran narkoba sekarang sudah merambah ke mana-mana termasuk terhadap anak sekolah,. Bahkan pelajar SMP sudah banyak yang tergoda barang haram ini. Biasanya jika mereka sudah terjerat dan kecandua narkoba, orangtua akan panik. Hidu bagai di neraka.

Lalu apa yang harus dilakukan orangtua manakala mengetahui anaknya terlibat nakorba,. Humas Polda Metro jaya memberikan 8 tips untuk orang tua jika anak terlibat narkoba

1. Bersikap tenang, objektif, dan kendalikan emosi.

2. Bertindaklah secara sportif dan sadar serta dengan tidak menimpalkan seluruh kesalahan pada anak.

3. Penyalahgunaan narkoba biasanya merupakan gejala dari masalah yang sudah berakar/lama. Untuk itu perlu diselidiki dan diatasi secara kekeluargaan dan terbuka.

4. Cari bantuan seorang professional pihak ketiga apabila sulit mengendalikan
diri.

5. Jika anak sudah terjerumus kedalam penyalahgunaan narkoba, sebaiknya anak
tersebut tidak disembunyikan karena akan menyebabkan anak semakin menderita.

6. Jujur terhadap diri sendiri dengan mengakui kesalahan, dan orang tua jangan merasa benar sendiri. Saling memaafkan untuk setiap kesalahan sikap, kata-kata, dan perbuatan dimasa lalu yang menyakitkan.

7. Ajak anak anda untuk berobat atau kepanti-panti rehabilitasi.

8. Janganlah merasa aib jika anak atau keluarga anda menyalahgunakan narkoba karena siapapun dapat terkena hal yang sama. (binsar)


NB : Jika diperhatikan dari kedua artikel diatas, isi dari berita yang dibahas berbeda dan menggunakan cara berbahasa yang berbeda. Artikel dari Kompas menggunakan bahasa yang formal dikarenakan media massa ini memiliki target pembaca menengah keatas, sedangkan artikel dari poskota ditujukan untuk kalangan menengah kebawah, sehingga bahasa yang digunakan cenderung tidak baku, dan cenderung jauh dari EYD. Artikel dari poskota memang dibuat seperti itu agar pembaca tidak dipusingkan dengan kata-kata yang "berat" yang biasanya ada pada artikel media untuk kalangan menengah keatas, seperti Kompas.

0 komentar:

Posting Komentar