Alat Transportasi

Diposting oleh blog pribadiku

SEKITAR 7.000 TAHUN yang lalu,satu-satunya cara menuju ke suatu tempat adalah dengan berjalan. Sekitar tahun yang lalu tahun 5000SM,manusia mulai memakai kedelai dan lembu jantan sebagai hewan beban daripada mengangkut barang dipunggung atau dikepala. Lalu 1.500 tahun kemudian kendaran beroda mulai dikembangkan di Mesopotamia. Sekitar tahun 1500, kapal-kapal layar berkembang cepat, seiring dengan pelayaran besar bangsa Eropa menjelajahi dunia. Selama tahun 1700-an,tenaga uap menjadi tongkat sejarah dalam transportasi.Mesin uap menggerakkan kapal dan kereta api lebih cepat dari yang pernah dibayangkan. Pada abad berikutnya,mobil-mobil pertama turun ke jalan dan pesawat terbang menguasai udara.kini, dalam waktu kurang dari 3 jam pesawat terbang dapat melintasi Lautan Atlantik.Jalan-jalan menghubungkan kota-kota di dunia.

PERJALANAN LAUT
Pelopor kendaraan air adalah rakit.sekitar tahun 3500 SM bangsa sumeria dan mesir membuat perahu penangkapan ikan dari alang-alang.Mereka juga membuat kapal kayu kuat yang dilengkapi dengan dayung dan layar untuk pelayaran dilaut.Pada abad ke-19 besi menggantikan kayu dan mesin uap menggantikan layar.Kini kapal bertenaga mesin dapat membawa barang-barang besar dengan kecepatan yang tidak dapat dicapai kapal layar.

PERJALANAN UDARA
Tahun 1783 PILATRE DE ROZIER dan MARQUIS D'ARLANDES dari perancis melakukan penerbangan pertama dengan balon udara panas.Tahun 1903 kakak beradik ORVILLE dan WILBUR WRIGHT membuat dan menerbangkan pesawat pertama.Pesawat terbang berkembang dengan cepat pada dua perang dunia.Tahun 1918 kantor pos Amerika Serikat memulia layanan pos udara untuk pertama kalinya.kini sangat sulit membayangkan dunia tanpa pesawat terbang.

PERJALANAN DARAT
Perjalanan darat merupakan jenis transportasi yang paling umum.semuanya dimulai dengan berjalan.Dua ribu tahun yang lalu,bangsa romawi membangun jaringan jalan yang luas,tempat orang-orang berjalan kaki atau berkereta kuda.baru pda tahun 1800-an tenaga uap menggantikan tenaga kuda.Lokomotif uap mengadakan perjalanan jarak jauh yang murah bagi orang banyak.pada awal abad ini,mobil,truk,dan bus yang digerakkan mesin mulai dikembangkan.

SUMBER ENSIKLOPEDI

0 komentar:

Posting Komentar