Tekanan Udara

Diposting oleh blog pribadiku

UDARA terbentuk dari campuran gas yang diperlukan oleh semua tanaman dan hewan untuk hidup. Ketika bergerak,udara menekan segala sesuatu yang dilaluinya,misalnya daun berdesir dan layangan terangkat tinggi. Gerakan udara yang disebabkan oleh tekanan disebut angin. Udara yang tak bergerak juga menekan. Bumi dikelilingi oleh lapisan udara setebal 640 km.
Meskipun ringan,lapisan udara ini begitu tebal sehingga menekan semua benda kepermukaan tanah dengan kekuatan yang sama dengan tekanan setebal 10,4 m. Kita tidak merasakan tekanan udara ke tubuh kita karena tekanannya sama besar pada seluruh tubuh,dan cairan dalam tubuh juga menekan ke luar. Tekanan atmosfer lebih rendah di tempat tinggi. Tekanan udara pada kapal terbang di ketinggian sekitar 16.000 m di atas permukaan tanah hanya tekanan di permukaan tanah.

TEKANAN UDARA
Tekanan udara dapat menolong tugas sehari-hari.Misalnya sebuah pipa pindah menggunakan dorongan tekanan atmosfer untuk mengosongkan tangki ikan yang terlalu beratt untuk diangkat jika berisi penuh.Udara yang dipompakan kedalam ban dengan tekanan membuat ban itu tetap keras tapi lentur dan melindungi penumpang dari gunjangan jalan.

sumber:Ensiklopedi

0 komentar:

Posting Komentar