Sumatera Selatan

Diposting oleh blog pribadiku

Ada dua julukan terkenal untuk propinsi ini, yaitu "Bumi Sriwijaya" dan "Batang Hari Sembilan". Propinsi ini dinamai Bumi Sriwijaya karena pernah menjadi pusat kerajaan Sriwijaya. Sedangkan julukan Batang Hari Sembilan berkaitan dengan sembilan sungai besar yang mengalirinya.

Propinsi Sumatera Selatan meliputi sebagian kecil Pulau Sumatera, Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Ibu kota propinsi adalah Palembang. Propinsi ini terkenal dengan beberapa jenis makanan khas,antara lain mpek-mpek palembang dan martabak bangka. Duku palembang juga terkenal.Sejak lama daerrah ini penghasil lada, cengkeh, karet, kelapa, dan kelapa sawit.
Bahan tambang utama dari propinsi ini adalah minyak bumi,timah dan batu bara. Penduduknya terdiri dari berbagai suku bangsa,antara lain palembang, Musi, Pasemah, Rejang, Rawas, Bangka dan Belitung.Mereka yang hidup didaratan kebanyakan mempunyai rumah panggung,seperti Rumah Limas dan rumah Ulu. Sedangkan mereka yang hidup diatas air membangun rumah Rakit.Mayoritas penduduknya beragama islam.

SUMBER:ENSIIKLOPEDI

0 komentar:

Posting Komentar