Seni Tembikar

Diposting oleh blog pribadiku

JIKA TANAH LIAT yang digali dari tanah dipanaskan,maka bahan lumpur basah itu berubah menjadi kuat, keras, dan kedap air. Itulah TEMBIKAR.Tembikar memiliki banyak guna karena sifatnya sudah begitu berbeda dari tanah liat. Perajin tembikar dapat membentuk tanah liat yang lunak menjadi berbagai macam barang, mulai dari piring ceper sampai gentong jeluk.Setelah tembikar dipanaskan atau dibakar, bentuknya menjadi tetap.

Seni tembikar sudah sangat tua.Para perajin tembikar pertama ada di Timur Tengah 9.000 tahun silam.Mereka membuat tembikar tekan dan tembikar lingkar yang sederhana. Sekitar 3.500 tahun silam mulai digunakan meja putar kecil, yang disebut roda tembikar, untuk membuat tembikar bulat.Kita tahu hal ini karena tembikar tidak hancur dalam tanah seperti halnya kayu.Para arkeolog menggunakan pecahan tembikar untuk mempelajari bangsa-bangsa yang sudah membuat tembikar berabad-abad silam.

TEMBIKAR TRADISIONAL
Bentuk dan hiasan tembikar berbeda-beda menurut tiap budaya.Banyak perajin membuat barang pecah-belah, seperti mangkuk dan alat masak.Ada pula perajin,misalnya di Korea dan Amerika Selatan,yang membuat perhiasan dan sarana hobi,seperti manik-manik dan alat musik.

Umber : Ensiklopedi

0 komentar:

Posting Komentar