Jenis Uang

Diposting oleh blog pribadiku


LAIN KALI jika hendak membeli sesuatu,coba perhatikan uangmu.Uang logam dan Uang kertas hanya kepingan logam bulat dan lembaran kertas saja.Namun,pemilik toko menerimanya untuk membayar barang yang berguna.Uang adlah lat tukar barang sesuai dengan kesepakatan harga.Benda aneh juga pernah dipakai sebagai uang diseluruh dunia.

Misalnya,di tibet pernah dipakai bongkah tehkering sebagai uang!
Sebenarnya apa saja yang bisa dijadikan sebagai alat bayar,asalkan tiap orang sepakat atas nilainya.Banyak uanag logam kuno dibuat dari logam mulia seperti emas dan perak.Abad ke-11,unag kertas pertama dipakai di cina.Tidak seperti emas,uang kertas tak memiliki nilai riil.Tapi bank yang menerbitkannya berjanji bahwa uang kertas itu bisa ditukar dengan emas.Janji itu masih tampak tercetak di uang kertas di INGGRIS.
Di AS,tahun 1971 pertukaran uang kertas dihentikan.

UANG LOGAM
Uang logam pgertama dibuat sekitar 2.700 tahun lalu oleh orang Lydia Kuno(kini turki).ang logam tersebut terbuat dari elektrum, yaitu campuran emas dan perak. Kini uang logam hanya dipakai untuk uang kecil. Uang kertas digunakan untuk alat bayar dalam jumlah lebih besar karena lebih sulit dipalsukan.

UANG KERTAS
Pemerintah mfengeluarkan uang kertas dan menjamin nilainya.Penggandaan dan percetakan uang secara tidak sahtermasuk tindak kejahatan pemalsuan.Uang kertas memiliki pola yang rumit sehingga sulit dipalsukan.Uang RI yang beredar kini,baik uang logam maupun uang kertas,dicetak oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia(Perum Peruri). Pahlawan nasional, serta tokoh nasional Indonesia.

SUMBER:ENSIKLOPEDI

1 komentar:

Tirta mengatakan...

Bisakah hidup tanpa uang?

Posting Komentar