SURAT KABAR

Diposting oleh blog pribadiku


DENGAN MEMBACA SURAT KABAR seharga sekitar seribu rupiah,kita tahu berbagai peristiwa aktual disekitar kita, baik peristiwa lokal, nasional maupun internasional. Surat kabar mengulas peristiwa secara lebih rinci daripada berita televisi serta meliput topik luas. Selain berita, disurat kabar ada juga informasi politik, seni, olahraga, mode, bisnis, teknologi, ilmu pengetahuan, dan lingkungan.Surat kabar juga memuat opini.
Ada surat kabar yang mendukung suatu partai politik, ada pula yang independen. Surat kabar lokal hanya meliput berita suatu kohta atau daerah sekitarnya, sedang surat kabar nasional dijual keseluruh negri serta memuat berita dalam dan luar negeri. Surat kabar besar memiliki banyak editor, wartawan, penulis rubrik, kartunis, fotografer, seter, pencetak dan pegawai lain yang bekerja sepanjang malam agar bisa menyebarkan berita aktual setiap pagi.

HALAMAN MUKA
Berita utama dan foto peristiwa penting ditampilkan di halaman muka.Pada hari yang penuh dengan peristiwa penting,berita utama terkadang diubah beberapa kali oleh editor sebelum dicetak.Halaman muka memuat berita yang bisa menjadi sejarah, misalnya pecahnya suatu perang atau tenggelamnya kapal samudra seperti TITANIC.

MESIN CETAK
Lantai ruang cetak surat kabar bergemuruh tiap malam begitu mesin cetak dijalankan. Gulungan kertas yang mencapai 8km menderu melewati mesin cetak. Ada mesin yang bisa mencetak, melipat, memotong, dan menumpuk lebih dari 1.000 surat kabar per menit. Surat kabar segera dikirim ke kios-kios agar bisa dibeli pagi-pagi.

RUANG BERITA
Jantung sebuah surat kabar adalah ruang berita atau ruang redaksi.Berita dan laporan dari berbagai penjuru dunia masuk kesini lewat telepon, internet, faksimile. Disini pula para reporter menulis laporan, para asisten editor memeriksa laporan reporter, dan para editor memutuskan berita yang akan dimuat di surat kabar.

SUMBER:ENSIKLOPEDI

0 komentar:

Posting Komentar